Dapatkan informasi baru paling lengkap hanya di situs ini. Semua yang anda cari sudah kami kupas pada situs kami. Cari tahu sekarang.

Amankah Botol Bayi Dari Bahan Plastik

Amankah Botol Bayi Dari Bahan Plastik ?. Perlu diketahui bahwa botol susu bayi pada masa dahulu terbuat dari kaca. Kaca adalah bahan dengan massa berat serta sangat gampang untuk pecah bila terbentur. Makanya banyak orang-orang yang meninggalkan botol yang terbuat dari kaca lantaran kekurangannya itu. Akhirnya mereka berpindah ke botol plastik yang enteng serta tak mudah pecah. Mengapa demikian ? dikarenakan banyak kabar berita mengenai buruknya bahan plastik hingga membuat orang tua mulai memperhitungkan lagi untuk memakai botol dari kaca. Jadi sebetulnya, lebih aman dan baik mana antara botol kaca dan botol plastik tersebut ?

Botol kaca memanglah cukup membahayakan bagi anak kecil, lantaran sifatnya yang mudah pecah dikala anak sedang minum bagaimana jika tiba-tiba terjatuh. Tetapi dari segi positifnya, bahan dari kaca tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang kemungkinan bakal larut dalam susu atau minuman lalu tertelan oleh bayi.

Kelebihan botol plastik memiliki bahan yang ringan, kuat serta tak gampang pecah. Walaupun dalam sistem pembuatan botol plastik ada kandungan kimia yang disebut Bisphenol A ( BPA ). Senyawa ini umumnya dipakai untuk pembuatan compact disk serta kaleng. Menurut organisasi lingkungan hidup dari California, di tahun 2007 ditemukan fakta bahwasanya 5 merk botol plastik populer di ketahui memiliki kandungan BPA yang tinggi.

Bahan BPA didalam botol walaupun kandungannya sedikit cukup dapat mengakibatkan kerusakan kerja otak serta reproduksi pada bayi. BPA ini sebagai penyumbang paling besar resiko kanker prostar serta payudara, endomtriosis, kista ovarium dan pubertas awal. Sampai selanjutnya FDA ( Badan Pangan dan Obat) melenyapkan bahan BPA pada semua product botol bayi di Amerika.

Seperti yang kita kenal botol susu bayi ada tiga jenis yakni botol plastik biasa, botol plastik sekali pakai serta botol kaca. Apabila kita cermati di bagian bawah botol tertulis indikator sendiri yakni :
#7 berarti botol memiliki kandungan bahan polycarbonate yang pastinya ada senyawa BPA
#1, #2 atau #4 berarti botol terbuat berbahan polyethylene
#5 berarti botol terbuat dari polypropylene
Botol dengan indikator nomer 1, 2, 4 serta 5 aman dipakai dikarenakan tak ada bahan BPA.

Dan botol susu sekali pakai umumnya memiliki kandungan bahan BPA ( akan tetapi mungkin saja bebas BPA sama sesuai yang tertulis pada label ). Botol ini dipasarkan dengan harga cukup mahal dikarenakan cuma sekali dalam penggunakannya.

Apabila Anda memilih botol susu gelas maka pastikan yang memiliki bahan kaca dengan susunan silicon dibagian luar sehingga tidak mudah pecah. Rawatlah botol tersebut, kalau anak sudah mau minum maka susu dimasukkan ke dalam botol.

Janganlah sekali-kali memasukkan kondisi botol ke dalam microwave supaya senyawa polycarbonate tak meningkat. Gunakan air hangat waktu membersihkan susu dan juga jangan sampai gunakan botol susu kaca yang telah retak.