Dapatkan informasi baru paling lengkap hanya di situs ini. Semua yang anda cari sudah kami kupas pada situs kami. Cari tahu sekarang.

Cara Paling Praktis Hemat Bahan Bakar Mobil

Bagaimana Cara Praktis Hemat Bahan Bakar Mobil meskipun mobil tersebut tergolong rakus bbm ?.... Papan berisi daftar harga bahan bakar di setiap pompa bensin menjadi pengingat mudah berapa banyak uang telah Anda bakar setiap hari. Disadari atau tidak, ongkos bahan bakar membebani anggaran pengeluaran Anda dan sebenarnya bisa dialokasikan untuk keperluan lain.

Selain membakar uang, seperti Anda tahu, konsumsi BBM juga membakar bumi dengan CO2 yang dipompakan ke atmosfer. Tanpa perlu membongkar mesin mobil, konsumsi bahan bakar kendaraan roda empat bisa ditekan dengan kebiasaan yang baik selama berkendara. Ikuti petunjuk perawatan mobil secara teratur dan lakukan lima tips hijau berikut ini agar mobil Anda ramah kantong sekaligus ramah lingkungan.

Rencanakan perjalanan Memiliki mobil pribadi bukan berarti Anda bisa seenaknya tinggal masuk dan tancap gas tanpa tahu jelas mau pergi kemana. Perjalanan yang direncanakan bisa mengantarkan Anda lebih cepat ke tempat tujuan sehingga lebih sedikit bahan bakar terbuang sia-sia. Rute terpendek biasanya menjadi pilihan terbaik, namun lihat kondisinya untuk menghindari kemacetan dan lebih baik memilih jalan yang bebas hambatan. Jika mungkin, gunakan mobil di luar jam sibuk dan lampaui dua atau tiga pulau dalam sekali dayung.

Kosongkan bagasi Beban tambahan dalam mobil menuntut kerja mesin yang semakin berat sehingga menambah konsumsi bahan bakar. Ini juga memengaruhi kinerja mobil saat berakselerasi atau mengerem. Bawa muatan seperlunya di dalam bagasi. Diperkirakan setiap 30kg beban menambah 1% konsumsi bahan bakar. Pada saat melakukan pembersihan dan perawatan mobil, turunkan barang-barang lain yang mungkin tersisa dari perjalanan sebelumnya.

Matikan mesin

Mobil-mobil moderen dilengkapi dengan teknologi auto-start yang secara otomatis mematikan mesin ketika mobil diam dan menyalakannya kembali ketika pedal gas atau kopling diinjak. Jika mobil Anda tidak memiliki fitur ini, matikan mesinnya saat mobil tidak bergerak selama lebih dari 15 detik di tengah kemacetan, menunggu di lampu lalu lintas, atau parkir. Mesin hidup dalam kondisi mobil diam membakar sekitar 3,5 liter bahan bakar per jam.

Jangan tersesat

Tersesat memang bukan kemauan Anda, tetapi bisa dihindari. Perhatikan petunjuk arah agar tidak terlewat belokan atau pintu keluar tol. Kondisi ini bisa menjadi parah pada jalan satu arah, karena Anda tidak bisa langsung memutar balik. Bekal peta di mobil bermanfaat saat berada dalam situasi tidak akrab dengan lokasi tujuan.

Beri tumpangan Jika ada kursi lebih di dalam mobil, mengapa tidak membagikannya ke orang lain yang perlu tumpangan searah perjalanan? Orang yang diberi tumpangan bisa ikut menanggung ongkos bahan bakar dan menjadi teman bengong di tengah kemacetan.

Cara ini lebih menguntungkan daripada menyewa jasa joki 3 in 1 di Jakarta. Komunitas seperti nebeng. com dan nebengers. com bisa menjadi sarana menemukan permintaan dan penawaran tumpangan di berbagai kota.

Satu mobil untuk dua orang lebih efisien daripada dua mobil untuk dua orang. Meninggalkan mobil di rumah dan memilih mode transportasi lain merupakan konsekuensi yang bisa diambil jika ingin menghemat bahan bakar.

Jika perjalanan ke kantor, misalnya, bisa ditempuh dengan berjalan kaki, bersepeda, atau kendaraan umum, Anda bisa menjadikannya alternatif beberapa kali dalam sebulan.