Dapatkan informasi baru paling lengkap hanya di situs ini. Semua yang anda cari sudah kami kupas pada situs kami. Cari tahu sekarang.

Pengertian Hak Asasi Manusia dan Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Hak asasi manusia atau disingkat menjadi HAM, ini merupakan hak lahiriah manusia sejak dilahirkan sebagai warga negara tersebut. Hak asasi manusia atau disingkat menjadi HAM, ini merupakan hak lahiriah manusia sejak dilahirkan. Dimana, setiap manusia yang baru lahir sudah memiliki hak yang harus diakui oleh setiap orang dan harus benar-benar dijunjung tinggi. Bahkan hak asasi ini termasuk ke dalam hak yang paling penting dibandingkan dari hak seseorang yang berkuasa. Hak lahiriah ini berupa hak pokok yang sudah menjadi kodrat manusia sejak dilahirkan. Dapat diartikan bahwa HAM ini adalah hak dasar setiap manusia yang telah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa secara lahiriah. Hak asasi inilah yang tidak bisa dipisahkan dengan eksistensi pribadi dari individu tersebut.

Pengertian Hak Asasi Manusia
Pengertian hak asasi manusia sendiri berbeda-beda menurut pandangan setiap tokoh seperti berikut ini:

1. Menurut C.de Rover
Hak asasi manusia merupakan hak hukum setiap individu yang berperan sebagai manusia. Dimana hak ini bersifat general dan universal karena dimiliki oleh setiap orang yang tidak memandang jenis kelamin atau tidak memandang kaya ataupun miskin. Menurut de Rover, hak tersebut tidak memandang pangkat atau jenis kelamin seseorang, karena setiap orang memiliki hak yang patut dihargai dan diakui oleh orang lain. Selain itu, hak asasi ini mungkin saja bisa dilanggar, akan tetapi hak asasi ini tidak akan pernah bisa dihapuskan. Karena menurutnya hak asasi ini adalah hak hukum, maka dari itu hak ini adalah hukum. HAM tentunya sudah mendapat perlindungan hukum nasional atau konstitusi di setiap negara yang ada di dunia. Maka dari itu, hak setiap manusia ini wajib dijunjung tinggi, wajib dihargai dan dihormati, dilindungi oleh setiap orang, hukum, negara hingga pemerintah.

2. Menurut A.J.M Milne
Menurut A.J.M Milne seorang filsuf politik, berpendapat bahwa HAM merupakan hak setiap umat manusia yang tidak dibatasi oleh tempat ataupun masa. Hal ini tidak lain karena hakikat dan keutamaan orang tersebut adalah sebagai seorang manusia.

3. Menurut Franz Magnis-Suseno
Franz Magnis-Suseno sebagai budayawan Indonesia juga turut menyumbangkan pendapatnya mengenai hak asasi manusia yang menurutnya adalah hak asasi yang dimiliki oleh setiap manusia karena martabatnya sebagai seorang manusia.

4. Menurut Oemar Seno Adji
Oemar Seno Adji berpendapat mengenai pengertian HAM, dimana hak asasi merupakan hak yang sudah melekat pada diri manusia karena martabatnya sebagai ciptaan dari Tuhan Yang Maha Esa. HAM yang ada disetiap diri manusia ini tidak untuk dilanggar siapapun.

5. Menurut John Locke
Hak asasi menurut John Locke merupakan hak kodrati yang telah diberikan secara langsung dari Tuhan Yang Maha Esa. Menurut John Locke sendiri, hak ini telah dimiliki oleh setiap manusia berdasarkan kodratnya yang bersifat suci.

6. Menurut Jan Materson
Jan Materson adalah seorang komisi HAM PBB yang menuangkan pendapatnya tentang pengertian hak asasi, dimana hak asai menurutnya adalah hak yang sudah melekat pada setiap diri manusia. Dimana manusia sendiri menurutnya akan mustahil bisa hidup dalam peranannya sebagai seorang manusia jika tidak memiliki hak asasi ini.

Macam-Macam Hak Asasi Manusia
Seperti yang sudah kita bahas di atas, dimana setiap manusia memiliki hak asasi masing-masing yang harus dihormati, dijunjung tinggi, dihargai oleh setiap orang tanpa terkecuali. Macam-macam hak asasi manusia itu sendiri terbagi menjadi beberapa macam seperti berikut ini:

1. Hak asasi pribadi
Hak asasi pribadi merupakan hak yang berkaitan dengan kehidupan setiap pribadi dari manusia itu sendiri. Hak asasi berkaitan dengan tindakan atau kebebasan yang dilakukan setiap hari. Hak asasi pribadi ini meliputi kebebasan untuk berpindah tempat, kebebasan bergerak, bepergian, kebebasan untuk mengeluarkan pendapat, kebebasan untuk memeluk atau memilih agama dan kepercayaannya, kebebasan untuk aktif berorganisasi dan kebebasan untuk menjalankan kepercayaan maupun agama yang telah diyakini oleh setiap manusia. Hak asasi pribadi inilah yang membuat setiap orang bebas melakukan apapun tanpa melanggar hak orang lain.

2. Hak asasi hukum
Hak asasi hukum meliputi hak untuk mendapatkan perlakuan atau tindakan yang sama di dalam pemerintahan atau hukum yang sedang berjalan, hak setiap orang yang diberi kebebasan menjadi seorang pegawai negeri sipil, seta hak untuk mendapatkan perlindungan secara hukum.

3. Hak asasi politik
Hak asasi politik setiap manusia meliputi hak untuk mengikuti setiap kegiatan kepemerintahan, hak untuk dipilih maupun memilih pada suatu pemilihan yang diselenggarakan oleh negara, hak untuk membuat atau mendirikan sebuah partai politik, serta hak mengajukan atau membuat sebuah usulan petisi.

4. Hak asasi peradilan
Hak asasi peradilan meliputi hak untuk mendapatkan pembelaan atas hukum yang berlangsung di pengadilan, serta hak untuk mendapatkan persamaan atas segala perlakukan yang berkaitan dengan penangkapan, penggeledahan, penyelidikan hingga penahanan.

5. Hak asasi ekonomi
Hak asasi ekonomi meliputi kebebasan hak untuk melakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan transaksi jual beli, hak untuk melakukan setiap transaksi perjanjian kontrak, kebebasan hak untuk mendapatkan dan mempunyai sesuatu, hak sewa menyewa, serta hak untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

6. Hak sosial budaya
Hak sosial budaya meliputi hak untuk mendapatkan pengajaran, hak untuk memilih, menentukan sendiri pendidikan, serta hak yang didapatkan untuk meningkatkan budaya sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.
Nah, itulah pengertian dan macam-macam hak asasi manusia yang wajib diketahui oleh setiap warga negara Indonesia. Serta memberikan kita pemahaman, bahwa setiap orang memiliki hak asasi manusia yang harus dihormati oleh orang lain!