Dapatkan informasi baru paling lengkap hanya di situs ini. Semua yang anda cari sudah kami kupas pada situs kami. Cari tahu sekarang.

Administrasi, Definisi Serta Cabang Ilmu Administrasi

Pengertian administrasi secara sempit dan umum berkaitan dengan hal teknis sebagai proses kerja sama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Administrasi merupakan suatu bidang dalam kegiatan serta usaha yang berkaitan dengan suatu penyelenggaraan kebijaksanaan demi mencapai suatu tujuan. Dalam pengertian sempit administrasi dapat didefinisikan sebagai kegiatan mencatat, mengurus surat-menyurat, mengetik, menyusun agenda, dan kegiatan lain yang bersifat teknis dalam bidang ketatausahaan.

Untuk definisi yang lebih luas, administrasi dapat disimpulkan sebagai sebuah proses pekerjaan kerja sama diantara dua orang bahkan lebih untuk mencapai tujuan dengan cara memanfaatkan dari sarana prasarana yang berdaya guna dan menghasilkan.

Secara harfiah administrasi berasal dari bahasa latin yaitu ad dan ministrate yang jika diartikan akan membentuk sebuah pengertian melayani, membantu serta memenuhi. Jika kata tersebut dibentuk menjadi kata benda akan membentuk kata administrasio serta kata sifat dengan kata administrativus. Kata tersebut merupakan diadaptasi ke dalam bahasa Inggris menjadi kata administration dan dalam bahasa Indonesia kata tersebut diadaptasi menjadi kata administrasi yang kita kenal seperti sekarang ini.

Definisi Administrasi Menurut Para Ahli
Beberapa definisi administrasi tersebut di atas masih berupa definisi dalam artian umum dan luas. Beberapa ahli serta para ahli administrasi mencoba untuk mendefinisikan pengertian administrasi menjadi lebih spesifik dan terperinci.

Berikut beberapa pengertian administrasi menurut para pakar ahlinya, diantaranya adalah:

1. Arthur Grager
Menurut Arthur Grager administrasi dapat didefinisikan sebagai suatu fungsi dari tata penyelenggaraan terhadap komunikasi beserta pelayanan pada suatu organisasi.

2. George Terry
George Terry mendefinisikan administrasi sebagai sebuah kegiatan perencanaan, pengendalian, serta pengorganisasian dari pekerjaan kantor. Juga sebuah kegiatan penggerakan mereka yang akhirnya melaksanakannya demi mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.

3. Sondang. P. Siagian
Beliau menyatakan bahwa administrasi merupakan keseluruhan dari semua proses kerjasama yang terjadi diantara dua orang bahkan lebih didasarkan pada sikap rasionalitas tertentu demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. William Leffingwell dan Edwin Robinson
Mereka berdua mendefinisikan administrasi sebagai cabang dari ilmu manajemen. Yang berkaitan dengan pelaksanaan pada pekerjaan kantor dengan efisien dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan dengan waktu yang sesuai.

5. Ulbert
Beliau menyatakan administrasi yang diartikan secara sempit merupakan sebuah penyusunan dan pencatatan data serta informasi dengan sistematis baik secara internal maupun eksternal dengan harapan akan menyediakan keterangan dan memudahkan dalam memperoleh data secara utuh maupun sebagian. Hal ini kemudian kita kenal sebagai tata usaha.

Secara pengertian administrasi masuk ke dalam cabang ilmu manajemen yang berarti mengatur dan mengelola sebuah data atau arsip. Secara sempit administrasi akan diartikan sebagai suatu pekerjaan yang berkaitan dengan dunia catat-mencatat, surat menyurat serta hal-hal yang berkaitan dengan penjadwalan agenda yang bersifat teknis. Pekerjaan administrasi jika diartikan dengan sempit akan menimbulkan pemahaman bahwa administrasi adalah pekerjaan kantoran yang akan berada di depan layar komputer dengan meja kerja yang terbatas ruangannya.

Padahal jika digali secara keseluruhan kegiatan administrasi adalah sebuah kegiatan yang telah ada sejak zaman Mesopotamia hingga sampai zaman modern ini. Administrasi diperlukan keberadaannya untuk mempermudah dan melengkapi pekerjaan lain dalam menyusun, mencatat dan mengarsipkan data yang dibutuhkan untuk tujuan yang telah ditetapkan.

Sejatinya, kegiatan administrasi merupakan hasil dari kerjasama dua orang atau lebih dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Kerja sama tersebut adalah kegiatan yang saling mendukung dari satu tim dengan tim yang lain. Tidak cukup dengan mendukung juga harus saling melengkapi dan mengisi untuk mencapai sebuah kesepakatan demi tercapainya tujuan. Dengan adanya harmonisasi yang baik, maka proses administrasi akan terbangun dengan baik. Hal ini bertujuan untuk kebaikan bersama.

Dengan melalui berbagai perkembangan zaman, administrasi juga berkembang dengan berbagai macam disiplin ilmu. Diantaranya adalah administrasi publik, administrasi lingkungan hidup, administrasi negara, administrasi pembangunan, administrasi niaga, administrasi keuangan, administrasi pendidikan serta administrasi kependudukan.

Melihat dari berbagai cabang dari administrasi dapat disimpulkan bahwa administrasi tidak bisa diartikan secara sempit dengan kegiatan catat mencatat, mengetik, bagian surat menyurat. Namun, pengertian administrasi lebih pada proses kerja sama yang solid diantara sesama tim yang menghasilkan suatu simbiosis yang saling menguntungkan, saling mengisi dan mendukung demi tercapainya suatu tujuan.

Dari cabang administrasi terlihat bahwa administrasi tidak hanya berkaitan dengan sifat teknis namun lebih luas dengan menggabungkan dengan berbagai bidang ilmu. Hal ini menyatakan bahwa administrasi bisa melebur dengan bidang ilmu lain untuk mencapai cabang ilmu baru dengan tujuan yang sama. Penggabungan ilmu administrasi dengan ilmu lain diharapkan dapat menjadi sebuah harmonisasi yang baik untuk tujuan yang ditetapkan yaitu sebuah pembaruan.

Setelah mengetahui pengertian administrasi secara sempit, secara umum, menurut para ahli dan berbagai perkembangan bidang ilmu administrasi dapat disimpulkan bahwa administrasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua orang atau lebih yang membutuhkan sebuah kerja sama baik dari bidang ilmu yang sama atau bidang ilmu lain yang bertujuan dalam satu tujuan sama yang telah ditetapkan.