Dapatkan informasi baru paling lengkap hanya di situs ini. Semua yang anda cari sudah kami kupas pada situs kami. Cari tahu sekarang.

Pengertian Ekonomi Beserta Manfaat Ekonomi Dalam Kehidupan Manusia

Pengertian ekonomi menurut para ahli memiliki pengertian yang berbeda dari satu ahli dengan ahli lainnya, namun tetap memiliki tujuan yang sama. Ekonomi merupakan sebuah ilmu pengetahuan social yang mempelajari tentang berbagai aktivitas manusia yang berkaitan dengan produksi, distribusi serta konsumsi barang dan jasa. Secara umum, ekonomi dapat diartikan sebagai bidang ilmu yang berkaitan dengan pengurusan berbagai sumber material baik individu, masyarakat ataupun negara dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Secara harfiah ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos dan Nomos. Oikos berarti rumah tangga sedangkanNomos berarti ilmu. Jadi, ekonomi secara harfiah berarti ilmu yang mempelajari tentang mengatur rumah tangga.

Beberapa ahli ekonomi dunia telah mendefinisikan ilmu ekonomi menjadi berbagai macam definisi namun tetap memiliki satu kesamaan satu dengan lainnya. Berikut beberapa pengertian ekonomi menurut beberapa pakar ahli ekonomi dunia, diantaranya adalah:

1. Hermawan Kertajaya
Menurut Hermawan Kertajaya definisi ekonomi adalah sebuah platform dimana terdapat sektor industri yang melekat diatasnya.

2. Paul A. Samuelson
Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ekonomi adalah berbagai cara yang dilakukan manusia baik individu atau kelompok dalam memanfaatkan sumber-sumber terbatas dalam memperoleh komoditi serta mendistribusikannya agar dikonsumsi oleh masyarakat.

3. Mill. J.S
Menurut pakar ekonomi Mill. J.S beliau mendefinisikan ekonomi sebagai sains practical yang membahas tentang pengeluaran dan penagihan.

4. Abraham Maslow
Abraham Maslow mencoba menjelaskan tentang pengertian ekonomi. Menurut beliau, ekonomi merupakan bidang pengkajian yang berusaha mencoba menyelesaikan beberapa masalah tentang keperluan asas kehidupan pada manusia melalui penggemblengan dari sumber ekonomi yang dilakukan dengan asas prinsip serta teori yang berdasarkan suatu sistem ekonomi tertentu yang dianggap efisien dan efektif.

5. Adam Smith
Beliau dikenal sebagai bapak ekonomi. Adam Smith mendefinisikan ekonomi sebagai tindakan penyelidikan dari keadaan beserta sebab adanya kekayaan pada negara.

6. M. Manulang
Menurut beliau definisi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dalam setiap usahanya untuk memperoleh kemakmuran, dengan keadaan dimana manusia mampu memenuhi kebutuhannya dari segi barang maupun jasa.

7. Suherman Rosydi
Menurut beliau ekonomi dapat didefinisikan sebagai suatu cabang ilmu pengetahuan dengan daya upaya dalam memberikan pengetahuan beserta pengertian mengenai gejala masyarakat yang timbul dikarenakan perbuatan manusia untuk memenuhi segala kebutuhan atau dalam mencapai kemakmuran.

8. Ensiklopedi Indonesia
Ensiklopedi Indonesia mendefinisikan ekonomi sebagai salah satu ilmu pengetahuan dimana mempelajari usaha manusia dalam mencapai sebuah kemakmuran dengan gejala-gejala serta hubungan yang timbul dikarenakan usaha tersebut.

9. Jack Hirshleifer
Ekonomi adalah ilmu tentang keputusan memilih dalam berbagai tindakan yang kemungkinan akan diambil. Ilmu ekonomi mempelajari tentang apa yang akan terjadi jika keputusan yang bermacam-macam dengan berbagai individu akan mempengaruhi antara satu dengan lainnya.

10. Case and Fair
Ilmu ekonomi merupakan studi yang mempelajari bagaimana individu serta masyarakat mampu mengambil sebuah pilihan dalam menggunakan sumber daya yang mulai langka yang tersedia oleh alam serta generasi sebelumnya.

Berbagai macam pengertian ekonomi dari berbagai para ahli dapat memberi pengetahuan baru bagi kita akan artinya ekonomi serta ilmu ekonomi. Dengan mengetahui pengertian ekonomi, kita diharapkan mampu dalam mengelola sumber daya baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam agar dapat memperoleh sebuah kemakmuran bagi individu maupun masyarakat.

Ekonomi dengan ilmu ekonomi adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Para ahli pun telah mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai bagian dari pengertian ekonomi namun secara lebih spesifik agar nanti mendapatkan cabang-cabang ilmu baru yang lebih spesifik dalam membahas mengenai ekonomi.

Setiap hari manusia tidak lepas dari persoalan ekonomi yang terdiri dari produksi, distribusi serta konsumsi. Dari tiga hal tersebut kita berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan dengan mengelola ketiga komponen tersebut dengan baik. Apakah hanya ingin menjadi konsumen atau mulai memproduksi sesuatu kemudian mendistribusikannya dan akhirnya memperoleh sesuatu untuk dikonsumsi.

Perjalanan kehidupan manusia tidak bisa lepas dari ekonomi. Bagaimana cara mengelola perekonomian menjadi sebuah tolak ukur bagi seorang individu ataupun masyarakat untuk memperoleh, mencapai sampai akhirnya mempertahankan kemakmurannya. Bagi sebuah kelompok masyarakat ekonomi bertujuan untuk memperoleh kesejahteraan bersama.
Setiap individu pasti memiliki motif untuk mengelola ekonomi. Diantara motif tersebut adalah motif kebutuhan untuk mempertahankan kehidupan dan keberlangsungan hidup sehari-hari, motif keuntungan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya, motif penghargaan serta kekuasaan serta motif sosial untuk tujuan menolong sesama.

Manusia yang juga merupakan makhluk sosial harus mengelola ekonomi dengan baik salah satunya adalah pengelolaan sumber daya alam terbatas, karena jumlah manusia yang semakin hari semakin meningkat sedangkan sumber daya yang tersedia semakin terbatas. Hal tersebut yang kemudian akan mempengaruhi akan jumlah kebutuhan satu individu dengan individu lainnya yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Pengertian ekonomi dari para ahli sudah barang tentu akan membantu individu atau masyarakat dalam menyikapi bagaimana proses ekonomi sebaiknya dilakukan dengan cara tepat, agar diperoleh keseimbangan dalam kehidupan.