Dapatkan informasi baru paling lengkap hanya di situs ini. Semua yang anda cari sudah kami kupas pada situs kami. Cari tahu sekarang.

Kanker Serviks - Penyebab dan Pencegahan

Apa itu kanker serviks apa penyebab, gejala dan cirri-cirinya lalu bagaimana pula cara mengobatinya ?
Mengapa kanker serviks termasuk jenis kanker yang di takukti sekaligus juga merupakan kanker yang bisa mengancam jiwa kaum wanita ?
Kanker Serviks adalah salah satu dari berbagai jenis kanker yang mematikan. Akan tetapi, bukan berarti, ketika seseorang mengidap penyakit ini bisa dipastikan bisa meninggal. Keberadaan jenis kanker meskipun belum ada obatnya yang mengkuni namun masih bisa dicegah supaya bagi yang belum menderita lebih mewaspadainya.

Apa itu kanker serviks ?
Kanker serviks atau yang disebut juga kanker leher rahim merupakan sebuah penyakit ganas yang bisa menyerang leher rahim atau cervix, pada bagian yang terendah dari rahim yang menonjol di puncak liang sanggama.

Lalu, penyebab kanker serviks itu apa?
Banyak yang menjadi faktor berkaitan dengan penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim ini. Salah satu di antara yang paling penting yaitu terinfeksi human papillomavirus (HPV) berisiko tinggi, sekarang dipahami mempunyai peran penting dalam perkembangan kanker serviks. Selain terinfeksi HPV, peneliti juga telah mengenali sejumlah faktor lain yang menjadi penyebab kanker serviks. Di antaranya adalah indikator dari aktivitas seksual, termasuk jumlah jumlah pasangan seksual, umur saat melakukan seksual pertama kali, berapa kali sudah hamil, dan sejarah penyakit menular seksual.

Nah selain factor-fakctor diatas pemicu kanker serviks lain adalah seperti merokok, terpapar pada diethylstilbestrol sewaktu ibu Anda mengandung, dan terifeksi human immunodeficiency virus (HIV). Dan yang paling rentanterhadap penyakit ini adalah perempuan yang sudah aktif secara seksual dan berusia lanjut.
Kenapa wanita sangat rantan terhadap kanker serviks?

Ada beberapa penyebab, diantaranya:

1. Menstruasi wanita di negara berkembang relatif lebih cepat dibandingkan negara lain.

2. Menopause lebih lambat.

3. Wanita usia menopause kini cenderung berusaha memperlambat proses alamiah itu demi kecantikan.

4. Jumlah anak sedikit menyebabkan paparan terhadap hormon esterogen lebih panjang jadi resiko menjadi lebih besar.

5. Terdapat faktor internal dan eksternal serta penggunaan zat kimia pada makanan pada sebagian kalangan masyarakat yang terkenal kurang higienis dan terlalu banyak mengandung bahan pengawet, pewarna serta monosodiumglutamat.


Bagaimana gejala dan ciri-ciri kanker serviks ?
Kanker Serviks atau kanker leher rahim pada kebanyakan wanita tidak menunjukkan gejala. Adapun gejala yang perlu diwaspadai antara lain:
• Pendarahan tidak normal, yang bisa berupa pendarahan sesudah berhubungan intim, pendarahan abnormal di luar waktu haid, dan pendarahan sesudah menopause
• Keluar cairan berwarna kekuningan dan berbau dari vagina
• Sakit atau nyeri pada pinggul dan kaki


Tips mencegah kanker serviks
Berikut tips-tips tambahan untuk pencegahan kanker serviks:
• Berperilaku hidup sehat, seperti menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi, dan tidak merokok.

• Bersihkan organ vital dengan air yang bersih.

• Mengganti celana dalam minimal dua kali sehari.

• Jaga kelembaban organ kewanitaan Anda.

• Lakukan pemeriksaan pap smear dan HPV-DNA secara rutin untuk deteksi dini kanker leher rahim.

Semoga bermanfaat dari apa yang kami persembahkan berkaitan dengan kanker serviks.