Dapatkan informasi baru paling lengkap hanya di situs ini. Semua yang anda cari sudah kami kupas pada situs kami. Cari tahu sekarang.

Cara Mengatasi Anemia Kurang Darah

Cara Mengatasi Anemia Kurang Darah. Bagaimana cara paling mudah untuk mengatasi anemia atau kurang darah ? Bagaimana gejala atau tanda-tanda kurang darah dan bagimana pula cara mengobatinya ?

Anemia atau yang lebih familiar dalam masyarakat kita disebut kurang darah merupakan suatu kondisi dimana kadar HB (hemoglobin) dalam sel darah merah kurang dari standar normal.

Sebelum kita melangkah lebih lanjut bagaimana cara mengatasi anemia, sebaiknya kita bahas dahulu bagimana gejala atau tanda-tanda dari anemia ini.

Tanda-tanda anemia atau kurang darah pada seseorang biasanya diawali dengan gejala seperti berikut :

• Mengalami kelelahan, badan terasa lemah, pucat dan kurang bergairah

• Dalam kondisi tertentu tidak mampu berkonsentrasi dan rentan terhadap adanya infeksi

• Sedangkan pada penderita anemia kronis akan menunjukkan bentuk kuku seperti sendok dan rapuh, pecah-pecah pada sudut mulut, lidah lunak dan kesulitan dalam menelan.

• Telapak tangan terlihat putih

• Selaput merah mata ( conjunctiva ) terlihat lebih pucat

• Sering merasa pusing

• Sering merasa kepala berputar putar dan mual saat berdiri dari posisi semula jongkok

• Merasakan sesak nafas saat beraktivitas

• Telinga sering terasa mendenging

• Gangguan haid dan libido menurun

• Elastisitas kulit menurun

• Rambut tipis dan halus


Lantas Apa Saja Penyebab Kurang Darah Ini ? Terjadinya kurang darah atau anemia disebabkan oleh :
• Kekurangan darah dalam jumlah banyak atau oleh karena kerusakan sel-sel darah merah

• Kekurangan bahan dasar untuk membuat sel darah merah seperti hemoglobin yang disebabkan oleh defisiensi zat besi

• Kegagalan sumsum tulang untuk membuat sel darah merah dalam jumlah yang cukup besar.

• Kurangnya zat besi dalam makanan yang dikonsumsi

• Malabsorbsi zat besi ( penyerapan zat besi yang tidak optimal ) akibat diare kronis, pembedahan tertentu pada saluran pencernaan seperti lambung. Zat besi diabsorpsi dari saluran pencernaan. Sebagian besar, zat besi diabsorpsi dari usus halus bagian atas terutama duodenum. Bila terjadi gangguan saluran pencernaan, maka absorpsi zat besi dari saluran pencernaan menjadi tidak optimal. Hal itu menyebabkan kurangnya kadar zat besi dalam tubuh sehingga pembentukan sel darah merah terhambat.

• Kehilangan darah yang disebabkan oleh perdarahan menstruasi yang berat, luka, kanker dan perdarahan gastrointestinal akibat induksi obat. Kehilangan banyak darah tersebut menyebabkan terkurasnya cadangan zat besi dalam tubuh sehingga pembentukan sel darah merah terganggu.

• Kurang darah dalam masa Kehamilan Suplai zat besi ibu dialihkan ke janin untuk pembentukan sel darah merah janin. Hal itu menyebabkan ibu tersebut kekurangan zat besi.


Cara Mengatasi Anemia Kurang Darah
Setelah kita pahami tentang gejala dan penyebab anemia marilah kita lanjutkan pembahasan mengenai bagaimana cara mudah dan alami mengatasi anemia, bagi Anda yang barangkali tengah merasakan tanda-tanda diatas sebaiknya Anda perlu waspada, namun jangan kuatir untuk mengantisipasinya silahkan terapkan langkah berikut ini, dengan :
1. Memperbanyak makanan yang bersumber dari asupan zat besi seperti daging merah, ayam, ikan dalam hal ini mempunyai penyerapan lebih baik di bandingkan dengan jenis buah, sayur, sereal, susu.


2. Sebaiknya bisa menghindari sesuatu yang sekiranya bisa menghambat penyerapan zat besi yang seperti Tanin ( the ), Polifenol ( kopi) , Fitat ( sereal, beras, jagung, gandum ), Kalsium & Fosfat ( susu ).


3. Banyak mengkonsumsi jenis makanan yang bersumber atau mengandung vitamin C sebab dalam hal ini bisa meningkatkan terjadinya penyerapan zat besi.


4. Biasakan melakukan olahraga secara teratur dan lakukan istirahat atau tidur dengan waktu yang cukup sekitar 6-8 jam/ hari.


5. Selain itu Anda bisa mengkonsumsi jenis suplemen zat besi dengan mengkombinasikan antara vitamin C dan sorbitol.


6. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam, dan lain-lain serta jangan lupa juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C ( asam askorbat) seperti buah jeruk, tomat, mangga dan sejenisnya, sebab asam askorbat dapat meningkatkan penyerapan zat besi.


Sedangkan cara alami mengobati kurang darah (anemia) bisa Anda lakukan dengan jenis ramuan tradisional berikut :


1. Sediakan sekitar 60 gram daun bayam merah cuci bersih lalu direbus dengan air secukupnya. Selanjutnya ditambahkan satu kuning telur ayam kampung. Ramuan tersebut dapat dimakan.


2. Cara lain sediakan 100 gram kacang hijau dan 10 butir angco direbus atau ditim, 30 gram kismis, direbus hingga menjadi bubur cair, kemudian dimakan.


3. Sediakan sekitar 30 gram daun kacang panjang, 30 gram daun bayam duri, 25 gram lempuyang wangi, dicuci dan diblender dengan 100 cc air, disaring, airnya di minum.


4. Sediakan sekitar 30-50 buah buni yang sudah matang, 20 buah murbei, 20 gram kunyit, diblender dengan menambahkan 100 cc air, tambahkan 1 sendok makan madu lalu diminum. Semoga dengan tips dan ramuan diatas bisa membantu mengatasi anemia atau kurang darah yang sedang Anda alami .