Dapatkan informasi baru paling lengkap hanya di situs ini. Semua yang anda cari sudah kami kupas pada situs kami. Cari tahu sekarang.

Inilah 3 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Radang tenggorokan memang bukanlah penyakit menular berbahaya. Namun, jika suatu kali dialami, penyakit ini akan sangat mengganggu, khususnya saat makan, minum, atau berbicara. Oleh karena itu, agar tidak terus-terusan mengganggu, beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami berikut ini mungkin bisa dijadikan sebagai referensi.

Beberapa Cara Mengobati Radang Tenggorokan
Pada dasarnya, masalah peradangan di area tenggorokan yang sering disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun, pada hari-hari tersebut aktivitas yang dilakukan seperti bekerja akan tetap terganggu. Agar radang tenggorokan cepat disembuhkan, ada beberapa cara alami yang bisa dicoba. Cara alami tersebut diantaranya yaitu:

1. Air jeruk dan madu
Cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan air jeruk yang dicampurkan dengan madu. Untuk mengaplikasikan cara ini, Anda bisa mengikuti beberapa langkahnya. Pertama, siapkan air jeruk atau lemon dengan membelah buah lalu memeras airnya. Setelah itu, tuangkan madu secukupnya atau sesuai keinginan ke dalam wadah berisi air perasan tersebut. Jika sudah dicampur rata, silakan diminum hingga habis. Selain mendapatkan manfaat khusus untuk meredakan peradangan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat berupa vitamin C dari air jeruk tersebut sehingga sistem imun menjadi lebih kuat dari penyakit.

2. Air Jahe
Sejak zaman nenek moyang, jahe telah dikenal sebagai bahan tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah radang tenggorokan. Kandungan kimia seperti zingiberin yang terdapat dalam jahe akan membuat sirkulasi darah lancar. Tidak hanya itu, jahe yang masuk ke tubuh juga akan memberikan sensasi hangat yang bisa dirasakan dengan jelas khususnya pada area tenggorokan.

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dengan menggunakan jahe bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut. Pertama, siapkan jahe secukupnya. Jahe tersebut bisa dikupas dan dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu, jahe ditumbuk kasar dan dimasukkan ke dalam cangkir atau gelas. Cangkir yang berisi tumbukan kasar jahe segar kemudian dituang air panas. Sebelum diminum untuk meredakan radang tenggorokan, tuangkan pula beberapa sendok teh madu murni. Kebiasaan ini dapat rutin dilakukan hingga sakit di area tenggorokan pulih.

3. Bawang Putih
Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan makanan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah peradangan pada tenggorokan. Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dengan bawang putih ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Pertama, Anda perlu memakan langsung 1 siung bawang putih mentah. Setelah halus, ambil air putih biasa yang tidak panas dan juga tidak terlalu dingin. Air tersebut bisa digunakan untuk berkumur selama beberapa kali akibat konsumsi bawang putih yang memiliki aroma kuat. Jika aroma yang kuat tersebut masih belum hilang, Anda bisa meminum beberapa sendok madu.

Agar beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami seperti yang disampaikan di atas lebih optimal hasilnya, Anda juga bisa mengokonsumsi makanan hangat dan berkuah seperti sup ayam. Namun, perlu diingat bahwa ada makanan tertentu yang justru dapat membuat peradangan semakin parah. Salah satu contohnya adalah makanan pedas. Sifat asam pada makanan pedas justru akan menimbulkan luka di area tenggorokan maupun dinding organ pencernaan. Selain makanan, kebiasaan lain seperti merokok juga harus mulai dihindari untuk mereka yang tengah mengalami masalah peradangan di area tenggorokan. Jika tidak ingin kembali mengalami peradangan pada tenggorokan, Anda harus menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan mulai menjalani kebiasaan sehat.