Dapatkan informasi baru paling lengkap hanya di situs ini. Semua yang anda cari sudah kami kupas pada situs kami. Cari tahu sekarang.

Cara Mengatasi Sakit Perut dan Pinggang Saat Haid

Bagaimana cara mengatasi sakit perut dan pinggang saat haid (nyeri haid) dan sakit pinggang ketika Menstruasi tiba ? mengapa nyeri haid bisa terjadi, obat nyeri haid apa yang bisa mengatasinya ?

Salah satu dari masalah yang kerap menjadi keluhan oleh kebanyakan kaum wanita adalah nyeri saat Haid atau yang disebut juga dismenorrhea. Sebenarnya nyeri ketika Haid merupakan suatu hal yang biasa dialami oleh setiap wanita, namun yang membedakannya adalah bila hal tersebut mengganggu rutinitas kehidupan aktifitas sehari-harinya yang jelas akan menambah masalah baru.

Walaupun sudah menjadi kodrat wanita normal bahwa haid merupakan tamu bulanan yang harus siap diterima bagi yang sudah saatnya. Artinya bagi mereka yang sudah menjumpai masa haid. Kedatangan datang bulan terkadang tidak semua menyenangkan oleh karena adanya hormon tertentu yang membuat seseorang gadis atau wanita kadang ingin marah-marah dan membuat bĂȘte.

Lebih dari itu ternyata ketika haid tiba sesorang merasakan nyeri haid yang luar biasa hal ini terjadi hingga membuat sakit pada perut dan pinggang. Mengapa hal ini bsa terjadi ?

Ada beberapa macam teori yang mencoba untuk menjelaskan masalah ini. Sedangkan teori yang paling mendekati terjadinya nyeri haid pada wanita adalah, saat menjelang haid kondisi tubuh wanita menghasilkan suatu zat yang disebut prostaglandin.

Zat tersebut mempunyai fungsi yang salah satunya adalah membuat dinding rahim berkontraksi dan pembuluh darah sekitarnya terjepit ( konstriksi ) hal ini akan menimbulkan iskemi jaringan. Sedangkan intensitas dari kontraksi ini akan berbeda tiap individu dan apabila berlebihan akan menimbulkan nyeri saat haid.

Lantas bagaimana cara mengatasinya ?
Untuk mengatasi rasa nyeri di perut dan sakit pinggang yang terjadi selama masa haid ada beberapa hal yang bias dilakukan mulai dari cara yang sederhana, menogobati dengan menggunakan obat penghilang nyeri haid, terapi hormonal dan lainya, yang kesemuanya merupakan usaha dalam menghilangkan nyeri ketika haid.

Jika kesemuanya telah Anda lakukan kami dari juga akan memberikan tips singkat untuk mengatasi masalah ini. Jika nyeri tersebut terus berlangsung sebaiknya Anda melakukan :

1. Olahraga ringan saat haid, namun hindari olahraga yang berat.

2. Hindari mengkonsumsi alkohol, kopi, dan juga coklat karena dapat meningkatkan kadar estrogen yang nantinya dapat memicu lepasnya prostaglandin. Hindari juga jenis makanan bersuhu dingin misalnya es krim.

3. Konsumsi vitamin E, vitamin B6, atau minyak ikan.

4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan rendah lemak.


Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit perut saat haid diantaranya:
• Kompres dengan botol panas ( hangat ) tepat pada bagian yang terasa kram ( bisa di perut atau pinggang bagian belakang )

• Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri

• Minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi

• Mengosok-gosok perut atau bagian pinggang yang terasa sakit

• Ambilah posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Hal Ini bisa membantu relaksasi

• Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk menambah relaksasi.


Cara lain mengatasi sakit diwaktu hais adalan dengan bahan berikut :
1. Ambil kurang lebih 2-3 sendok makan air garam dan 1 kepal tangan umbi pisang kapok. Selanutnya parutlah umbi pisang kapok tersebut kemudian remaslah menggunakan air garam, peras lalu saring. Minum air perasan tersebut 2x sehari dan tiap minum 2 sendok makan.


2. Ambil 2 butir bawang putih, 2 sendok air hangat. Bersihkan bawang putih dan kupas kulitnya. Selanjutkan kunyah sampai halus setelah itu munum 2 sendok air hangat tersebut, lakukan dua kali dalam sehari.


Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan perihal cara mengatasi sakit perut dan pinggang saat haid. Sedangkan penggunaan obat diluar referensi dokter sebaiknya dihindari, sebab akan bisa menimbulkan ketergantungan apabila nyeri ini terjadi setiap bulan. Semoga membantu menghilangkan nyeri disaat haid.